Rabu, 18 Maret 2015

Mengenal Buddy Rich melalui film Whiplash


Jika anda sudah menonton film whiplash yang dirilis pada tahun 2014 pasti merasa terkesan dengan permainan drum Milles Teller (Andrew), pada film ini ia menjadi pemeran utama yang berumur 19 tahun dan bermain drum pada sebuah orkestra yang dipimpin oleh J.K Simmons (Fletcher) kali ini saya tidak akan membahas bagaimana kelanjutan film ini tetapi saya akan membahas tentang Buddy Rich yang menginspirasi Andrew untuk bermain drum.  

Buddy Rich yang biasa dijuluki Baby Traps The Drum Wonder adalah legenda jazz dunia yang lahir di Brooklyn,New York. Pemain drum beraliran Jazz, Big Band, Swing dan bebop aktif bermain pada era 1930an yang bisa disebut eranya musik swing jazz dan di amerika pada saat itu sedang populer musik yang dimainkan dengan format Big Band Swing.

Bakat pertama kali disadari oleh ayahnya pada saat ia mampu menjaga tempo dengan sendok yang ia pegang. Karier buddy rich memang sangat mengkilap,pada umur 18 bulan pun ia sudah mulai bermain drum di Vaudeville dan pada umur 4 tahun ia sudah tampil di pentas Broadway dan melakukan tour ke australia pada umur 6 tahun,ia pun meraih bayaran sebesar $1.000 perpekan dan
menjadikan dia anak muda yang mendapatkan bayaran tertinggi pada waktu itu.



Rich bergabung dengan orkestra Artie Joe pada tahun 1937 dan tidak lama kemudian ia pun bergabung bersama Tommy Dorsey. Ia pun berhenti sesaat bermain drum untuk mengikuti perang dunia ke dua,setelah perang dunia kedua ia pun bergabung bersama pemain trumpet kelahiran Albany,Georgia,U.S yaitu  Harry james dan menjadikan Buddy Rich sebagai pemain pendaming termahal di dunia dengan bayaran $ 1.500.

Tehnik bermain drumnya sangat menonjolkan kecepatan dan kealiannya menjaga tempo yang ada pada band, kemampuannya melakukan rim shoot yang khas dengan sentuhan aksen yang ada pada kick drums dan membangun momentum dengan memukul simbal yang ada pada kit drum ini menjadi
cikal bakal permainan drum jazz swing yang masih digunakan sampai sekarang.     

Nat King Cole,Frank Sinatra,Ella Fritzgerald,Louis Armstrong,Harry James,Joe Marsala pun tercatat pernah bermain bersama Buddy Rich,walaupun apa akhirnya Buddy Rich memutuskan untuk membuat sebuah orkestra sendiri yang ia namai Buddy Rich  And His Orchestra. Pada tahun 1946 Buddy Rich dan Frank Sinatra membuat  sebuah band yang dikenal dengan band bertabur bintang dengan bayaran yang mahal, tetapi sayang band ini harus bubar dikarenakan tidak mampu menghasilkan banyak uang.



Banyak sekali album musik yang ia buat dan kali ini saya mengambil salah satunya yaitu Album yang dibuat pada  tahun 1967 yaitu Big Swing Face berisikan 18 lagu yaitu :

1. Norwegain Wood 
2. Big Swing Face 
3. Monitor Theme
4. Wack Wack 
5. Love For Sale
6. Mexicali Nose 
7. Willowcrest
8. The Beat Goes On
9. Bugle Call Rag
10. Standing Up In a Hammock
11. Chicago
12. Lament for Lester
13. Machine 
14.Silver Threads Among the Blues 
15. New Blues 
16. Old Timey 
17. Loose
18. Apples (aka "gino")




Pada akhir hayatnya Buddy Rich telah mengispirasi musisi lain sebut saja Steve Smith dan Dave Weckl adalah penggemar berat rich sampai sekarang. Pada 2 April 1987 Buddy Rich meninggalkan kehidupan duniawi karena gagal jantung dan ia dikebumikan di Westwood Village Memorial Park Cementary di Los Angeles.

Berikut lagu yang berjudul Big Swing Face yang diambil pada Album Big Swing Face.

 


Sumber 
http://www.buddyrich.com
http://www.allmusic.com/artist/buddy-rich-mn0000539774/biography
http://en.m.wikipedia.org/wiki/Buddy_Rich








Tidak ada komentar:

Posting Komentar